Minggu, 30 Mei 2010

Artikel Umum 2 - Knowledge Management

Knowledge Management is a concept that has emerged explosively in the business community over the last few years. It is a discipline that promotes an integrated approach to identifying, captures, evaluating retrieving and sharing all of an enterprise’s information assets. The assets may include databases, document, policies, procedures and previously in captured expertise an experience in individual workers. (T. Kanti Srikantatiah & Michael E.D. Koenis).
Manajemen pengetahuan menurut Carl Frappaolo dalam buku Manajemen Pengetahuan adalah pengungkitan (leveraging) kebijakan kolektif untuk meningkatkan responsivitas dan inovasi.
Definition of knowledge management in Applying Knowledge Management is Knowledge management involves the acquisition, strorage, retrieval, application, generation and review of the knowledge assets of an organization in a controlled way.
Secara umum, knowledge management dapat dijelaskan sebagai langkah-langkah sistematik untuk mengelola pengetahuan dalam organisasi, untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Dalam hal ini, manajemen pengetahuan merupakan proses sistematik untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan informasi dengan cara tertentu, sehingga para pekerja mampu memanfaatkan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik, untuk kemudian menginstitusionalkannya menjadi pengetahuan lembaga organisasi. (Jann Hidayat Tjakraatmadja dan Donald Crestofel Lantu).
Hal yang esensial dalam knowledge management adalah terbentuknya lingkungan belajar (learning environment) yang kondusif, sehingga para pekerja termotivasi untuk terus belajar, memanfaatkan informasi atau pengetahuan yang disediakan organisasi, dan menumbuhkembangkan pengetahuan individualnya, serta pada akhirnya mau berbagi pengetahuan baru yang didapatnya untuk menjadi pengetahuan organisasi. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa knowledge management fokus agar manusia di dalamnya makin produktif untuk menumbuhkembangkan pengetahuannya dan mau berbagi pengetahuan (knowledge sharing) yang dimilikinya.

Tidak ada komentar: